Kamis, 11 Agustus 2011

Cara Pasang Pembuangan Tinta Printer Canon MX328



Sharing saya yang ini mengenai memasang saluran pembuangan tinta di printer Canon MX328. Printer All in One ini selain Copy-Print-Scan dilengkapi juga dengan fasilitas Fax serta bisa scan dokumen dengan ukuran F4 atau folio. Sudah menjadi image di masyarakat bahwa printer yang dipasangi system infus harus disertakan pembuangan tinta. Meskipun sudah diberikan penjelasan bahwa di dalam printer sendiri secara pabrikan sudah dipasang pembuangan tinta yang berupa spon namun pemilik printer tetap kurang 'sreg' bila belum dipasang pembuangan tinta di luar printer.

Langkah pertama buka tutup printer belakang dengan sebelumnya mencopot 2 buah baut yang terpasang.


Buka juga case printer kanan dan kiri. dilanjutkan dengan membuka scanning unit, scanning unit ini sedikit sulit  mencopotnya untuk yang baru pertama kali melakukannya. Saya sendiri butuh waktu satu jam untuk memikirkan cara mencopotnya. Kegiatan membongkar printer ini harus dilakuakan dengan sangat teliti. Banyak sekali perkabelan yang harus dicopoti dan kita harus mengingatnya.


Main board juga harus dicopot untuk mempermudah pemasangan selang tinta.



Selang pembuangan yang dilingkari merah disambung secukupnya kebelakang printer. Selang tersebut posisinya tersembunyi, gunakan pinset untuk mengambilnya.


Posisikan selang sambungan sedemikian rupa sehingga tidak menggangu mekanisme printer. Saluran pembuangan tinta untuk jenis printer ini ada 2,pembuangan untuk tinta hitam dan pebuangan untuk tinta warna, yang satu di belakang mainboard.

Lubangi case printer belakang untuk memasukan selang sambungan. Untuk penanpung pembuangan bisa digunakan sembarang botol bekas, rekatkan pada body printer agar tidak jatuh.

Demikian sekilas cara pemasangan saluran pembuangan tinta di printer MX 328. Semoga bisa menjadi gambaran bagi rekan-rekan semua yang ingin memasang.

3 comments:

zie casanba mengatakan...

bgaimana cara buka scannernya gan.,.,?

Sebar Brosur mengatakan...

membuka paper tray gimana yah ? kayanya printer saya ada ygnyangkut

Unknown mengatakan...

mx328 cartridgenya type brpa ya?

Posting Komentar

 
Modified by KOKO