Selasa, 20 Desember 2011

Mengatatasi Head Epson Yang Mampet



Printer yang jarang digunakan adakalanya membuat head jadi kering tintanya dan menyebabkan penyumbatan. Hal ini menyebabkan hasil cetakan terlihat bergaris bahkan sama sekali tidak muncul.Kali ini saya akan berbagi tips mengatasi head yang tersumbat.

Untuk printer canon lebih mudah karena head dapat dicopot, cara membersihkan yaitu dengan cara merendam dengan cairan pembersih head yang dapat dibeli di toko printer. Lamanya perendaman sesuai keperluan dimulai 1-2 jam lalu dilakukan head cleaning dari komputer, jika belum berhasil perendaman bisa dilanjutkan semalaman. Tujuan perendaman supaya gumpalan tinta kering yang menyumbat menjadi lumer.

Sementara untuk printer jenis Epson Head Print tidak copotan/menyatu dan harus dibongkar oleh tenaga ahli. Agar tidak repot bongkar saya menyiasati hal ini dengan membuat alat pembersih head buatan sendiri. Alat ini terbuat dari Pipet dan selang karet dari bekas printer. Penampakan seperti gambar di atas. Alat tersebut diisi caiaran pembersih head lalu disemprotkan ke jalur head, dengan selang ditancapkan ke salurannya pada head.


Lakukan pelan-pelan agar cairan bisa masuk kedalam head walau sedikit. Tunggu beberapa saat bila cairan tidak bisa masuk, biarkan meresap sendiri. Kemudian tarik kembali cairan dengan pipet, kotoran akan ikut tertarik. Lakukan berulang sampai head bersih....
Setelah dirasa cukup coba pasang tinta lalu lakukan head cleaning dari komputer.

Selamat mencoba semoga  berhasil.... ^_^

0 comments:

Posting Komentar

 
Modified by KOKO