Minggu, 20 November 2011

Cara Mereset Bios Password Laptop Axioo Neon MNC


Datang servisan laptop Axioo Neon MNC dengan keluhan kena virus. Tampaknya sudah parah dan solusi efektif yaitu instal ulang OS. Untuk menginstal ulang Operating system dari CD/DVD bootable maka posisi booting harus diarahkan ke DVD rom. Untuk merubah posisi urutan booting saya masuk BIOS dengan menekan F2. Ternyata BIOS meminta PASSWORD, saya tanya pemilik katanya tidak tahu -menahu sejak membeli sudah seperti itu. Mau Tidak mau saya harus membongkar laptop itu untuk mereset BIOS-nya.


Saya bolak-balik dan teliti mainboard laptop tapi tidak ditemukan jumpper untuk mereset BIOS. Jalan terakhir dengan mencopot batere CMOS , batre inilah yang menyebabkan IC dapat menyimpan data-data seperti tanggal juga password. Jika Batere dilepas maka BIOS akan kembali ke setingan default.
Setelah laptop dirakit kembali sistem tidak meminta password dan instal ulang pun lancar...

Catatan: Bagi rekan yang mau mencoba membongkar laptop diperhatikan posisi baut, karena begitu saya selesai merakit laptop ternyata masih tertinggal 2 baud,...hehehe lupa.

Semoga bermanfaat....

0 comments:

Posting Komentar

 
Modified by KOKO