Minggu, 20 Maret 2011

Memperbaiki Speaker Aktif Mati Sebelah


Hari minggu pagi ketemu sama Mas Pramono. Dia minta saya benerin speaker aktifnya yang mati sebelah. Kerjaan empuk nih, waktu kubongkar ternyata skrup-skrupnya dah terlepas semua. Kata Mas Pramono dia mau coba perbaiki sendiri ternyata tidak bisa. Malah tambah kacau, kabel-kabelnya pada copot. Untuk kondisi seperti ini saya cek semua transistor di bagian out amplifier dengan Multitester. Ditemukan 2 transistor putus TIP41C dan TIP42C. Segera beli ke warung elekronik seharga @Rp.2500. Pasang....dan "Dwerrr!" Speaker bunyi kwenceng.....Syukur.....dapat bayaran nih.

Semoga bermanfaat....

4 comments:

Ang Ghufron mengatakan...

speaker punya saya rupanya rusak pada bagian volume...

Muhammad Nawawi 06Des1988 mengatakan...

speaker active yang pakai dioda 3 ampere tidak bisa di ganti dengan tip yang di pasaran gan. coz saya pernah mengganti tip 41 dan tip 42 karena sudah rusak. saya beli yang asli dengan kode tip41c dan tip42c di toko elektronik dengan harga 3500/pcs. saya pasang tidak dalam 6 detik langsung hancur meledak. speaker active ini menggunakan transistor bd139 dan bd140 sebelum transistor akhir.

tris mengatakan...

YG TIP 41C 42 C BNYK YG KW SEKARANG. CARI YG BAIK MAS. MAAF KLO SLH!

Sdaradelima mengatakan...

Kalo speker musik rusak bisa diperbaikin di service tv gak? Aman gak atau mending beli yg baru aja. Harga speakernya gak mahal seitar 100~300 an aja.

Posting Komentar

 
Modified by KOKO