Minggu, 30 Januari 2011

Memperbaiki TV TCL 14 in Rusak Bagian Vertikal


Hari minggu dapat panggilan sevice tv, lumyan buat kegiatan di hari libur. Setelah siapkan semua peralatan tempur langsung saja saya terjun ke TKP. Kata pemilik tv TCL 14 in Mas Daryanto tv tersebut hanya keluar suara sementara gambar hanya nampak sebuah garis dari kanan ke kiri. "Seminggu yang lalu bila tv ditepuk gambar bisa kelihatan, sekarang saya tepuk-tepuk terus tetap aja begini," tuturnya kepadaku.
Dari ceritanya saya agak tenang, prediksiku kerusakan tidak terlalu berat. Tv tersebut sempat bisa nampak gambar bila ditepuk dengan tangan berarti ada solderan yang aus/kedor karena panas yang dikeluarkan oleh komponen. Dengan yakin tv saya bongkar. Saya cari IC vertikal (seri IC tidak kelihatan karena ruangan agak gelap) dan ternyata benar solderan kaki-kaki IC tersebut  tampak longgar. Tak pikir panjang semua solderan saya panasi ulang juga dibagian-bagian lain.

"Jreng!"ternyata tv keluar gambar setelah dihidupkan. Hatiku senang pemilik pun tersenyum lebar.


Semoga bermanfaat......

1 comments:

adi mengatakan...

klo audio nya ada,tapi klo video nya sama nggak ada malah yang tampil seperti semut gitu(bintik2).
apa masalahnya mas?trus tlong penjelsannya!

Posting Komentar

 
Modified by KOKO