Kamis, 30 Desember 2010

TV Polytron 14 in FBT Bocor

Seminggu yang lalu saya dapat servisan tv polytron, tipenya lupa tidak dicatat. Kata pemiliknya Pak Woto bakul buah tv tersebut sering bunyi 'pletik-pletik' disertai gambar goyang.

Langsung saya buka saja sekrup dan tutupnya. Saya coba dan ternyata benar dari playback keluar sambaran listrik menuju ke pendingin transistor horizontal. Karena masih belajar saya cari informasi dari google, maklum buka service nekad hanya berbekal dasar elektronik sewaktu SMP.
Akhirnya nyasar-nyasar di blog tukang service juga dan nemu sedikit pencerahan.

Sesuai petunjuk para master saya coba ganti karet klep dan konektor  FBT ke tabung, diambil dari monitor bekas dan ternyata FBT masih tetap saja bocor disertai bunyi 'susss!' . Langkah selanjutnya iseng-iseng dibagian yang keluar kilatan listrik ditutup dengan isolasi hasilnya tetap saja. Sudah rada pusing otak, diseling minum kopi dulu. Ada sisa lem Alteco.....kupikir bila terjadi kebocoran berarti ada lubang pori-pori yang halus di karet pelindung FBT lalu aku coba lem dengan Alteco dan ditambah isoasi...TV dinyalakan hasilnya OKE....
Trims bagi para teknisi yang membagikan pengalamanya di blog.....

Semoga bermanfaat...

0 comments:

Posting Komentar

 
Modified by KOKO